Senin, 03 Januari 2011

DEFINISI HERBALOGI / FITOTHERAPHY

Herbalogi membawa pendekatakn holistik dimana tidak berfungsinya satu bagian tubuh menyebabkan ketidak seimbangan dibagian yang lain. Jika tubuh tidak sanggup melakukan keseimbangan seperti semula, maka akan timbul penyakit. Di dalam diri manusia tersapat kekuatan penyembuh yang datang dari spiritual, emosi, mental, dan fisikal. Herbalogi melihat penyakit secara unik, tidak ada penyakit yang sama untuk semua orang.
Prinsip utama herbalogi adalah menggunakan semurni mungkin bahan-bahan herba. Keseragaman kimia menghasilkan aktivitas yang luas di dalam tubuh. Dengan kaidah pengambilan bahan-bahan aktif tertentu saja akan mengakibatkan efek samping dan tidak efektif (disebabkan ketidak seimbangan biokimia).
Herbalogi tidak menggunakan bahan isolasi (pelarut kimia tertentu) ataupun bahan kimia sintetik atau drugs. Keseimbangan dan berbagaimacam bahan kimia dalam tumbuhan (phythochemicals) menghasilkan aktivitas yang luas di dalam tubuh, dan hal ini meniadakan adanya efek samping. Banyak contoh penelitian, apabila bahan aktif tertentu saja (ekstrak tunggal) yang digunakan, maka ia akan menghasilkan bahan yang beracun dan berbahaya serta tidak efektif.
Bahan kimia komplek dalam tumbuhan lebih mudah dicerna dan lebih sedikit kesan kesampingannya, oleh sebab itu apabila terdapat empat puluh bahan aktif dalam satu herba lebih baik pengambilannya dalam bentuk gabungan (sinergi) alami, selain itu harba sering disinergikan bagi menguatkan potensi ramuan terdebut, herba memberikan pengobatan yang lembut dalam membantu penyembuhan.
Di samping itu obat-obatan herba tidak hanya sekedar menyembuhkan penyakit tetapi juga memlihara kesehatan dan membantu mengembalikan keharmonisan tubuh (preventif). prinsip pengobatan herba adalah "meningkatkan, memperbaiki dan menguatkan sistem pertahanan tubuh dari serangan kuman luar (eksternal) serta tekanan lingkungan sekitar".


1 komentar:

  1. http://holistiksehat.blogspot.com/

    semua tentang herbalogi ada di sini

    BalasHapus